Pencegahan Penyakit Jantung Koroner Secara Herbal

Penyakit jantung yang paling umum terjadi adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini terjadi ketika pasokan darah yang kaya oksigen menuju otot jantung terhambat oleh plak pada arteri koroner.

Pada dinding pembuluh arteri dapat terjadi kondisi ateroskelosis, yaitu penumpukan kolesterol dan substansi lainnya yang semakin bertambah sehingga mempersempit ruang arteri. Tumpukan ini disebut plak. Sejatinya plak sudah bersarang di dinding arteri sejak seseorang masih muda. Makin tinggi usia seseorang, makin menumpuk plak di lokasi yang sama.

lebih jauh tentang penyakit jantung koroner - alodokter

Plak sendiri mengeluarkan zat kimia yang membuat dinding bagian dalam dari pembuluh menjadi lengket. Pada saat bersamaan, darah memuat sel-sel inflamasi, lipoprotein, dan kalsium. Zat-zat ini kemudian akan menempel di dinding pembuluh darah sehingga membuat timbunan plak makin banyak.

Makin besar plak, makin sempit arteri koroner sehingga suplai darah kaya oksigen ke jantung kian menipis. Plak juga dapat pecah dan kemudian menyumbat sebagian besar hingga seluruh aliran darah pada pembuluh arteri. Bila hambatan aliran darah ini terjadi pada arteri koroner, maka dapat terjadi serangan jantung.

Sebenarnya, pembuluh darah atau arteri yang mengalami penyempitan ini biasanya membuat pembuluh darah baru di sekitar arteri yang menyempit. Sayangnya, pembuluh darah yang baru kemungkinan belum bisa membawa darah kaya oksigen sebanyak pembuluh darah lama.

Penyebab Jantung Koroner

Beberapa hal berikut bisa memperbesar risiko seseorang mengalami aterosklerosis.

gejala jantung koroner

  • Rokok

Menghisap rokok adalah risiko yang paling berperan bagi peningkatan risiko penyakit jantung koroner. Kandungan nikotin dan karbon monoksida dalam asap rokok membuat jantung bekerja lebih cepat dari biasanya. Kedua zat tersebut juga meningkatkan risiko terjadinya gumpalan darah di arteri. Celakanya, bahan-bahan kimia lain dalam rokok juga bisa merusak lapisan arteri koroner sehingga kian memperbesar risiko terkena penyakit jantung koroner. Perokok diprediksi memiliki risiko terkena penyakit jantung koroner 24% lebih besar daripada yang tidak merokok.

  • Kolesterol

Kolesterol yang terlalu banyak mengalir dalam darah dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Jenis kolesterol yang membuat risiko jantung koroner kian besar adalah lipoprotein low-density (LDL) yang biasa disebut sebagai kolesterol ‘jahat’. Karena kolesterol inilah yang memiliki kecenderungan untuk menempel dan menimbun di arteri koroner.

  • Diabetes

Para penderita diabetes juga diprediksikan memiliki risiko dua kali lipat terkena penyakit jantung koroner. Hal ini karena penderita diabetes kemungkinan memiliki lapisan pembuluh darah yang lebih tebal dari orang yang sehat. Ketebalan berlebih pada arteri koroner bisa menyebabkan tidak lancarnya aliran darah.

  • Terjadinya pembekuan darah

Pembekuan darah atau trombosis yang terjadi pada arteri koroner akan memblokir suplai darah menuju jantung. Pembekuan darah di arteri koroner biasanya terjadi di lokasi yang sama dengan aterosklerosis. Karena pembekuan darah menghalangi suplai darah ke oksigen, dengan sendirinya akan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner bagi yang mengalaminya.

  • Tingginya tekanan darah

Tekanan darah yang terlalu tinggi juga bisa memperbesar seseorang menderita penyakit jantung koroner. Seseorang dikategorikan memiliki tekanan darah tinggi jika memiliki tekanan sistolik pada kisaran 140mmHg atau lebih, atau tekanan diastolik sekitar 90mmHg atau lebih.

Tekanan sistolik sendiri didefinisikan sebagai ukuran tekanan darah saat jantung berkontraksi atau memompa darah keluar. Sementara itu, tekanan diastolik adalah tekanan darah saat jantung sedang santai dan mengisi darah.

Untuk meminimalkan risiko terkena penyakit jantung koroner, seseorang harus mau melakukan olahraga rutin, diet sehat, dan berhenti merokok. Beberapa hal seperti menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah, dan mengatasi stres juga bisa membantu mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.

Baca Juga : Obat Diabetes Mellitus

Gejala Penyakit Jantung Koroner :

  • Rasa sakit ulu hati, denyut nadi lemah namun berdetak cepat disertai dengan keluarnya keringat, perut mengalami kembung seperti tanda masuk angin dan seringkali orang Indonesia menyebut gejala ini dengan angin duduk, jadi jika Anda mengalami gejala seperti masuk angin sebaiknya waspada karena bisa saja gejala awal dari penyakit jantung koroner.
  • Adanya rasa sakit di sekitar dada dan menjalar ke bagian lengan kiri serta sekitar leher seperti tercekik. Jika Anda mengalami gejala ini sebaiknya segera periksakan ke dokter.
  • Namun ada juga yang mengalami kematian mendadak bagi penderita penyakit jantung koroner karena kurangnya kesempatan untuk melakukan penanganan medis dan pengobatan.

sakit jantung koronerDampak dari Penyakit Jantung Koroner bisa mengakibatkan terjadinya :

  1. Penyakit Gagal Jantung, yakni penyakit jantung yang menyebabkan jantung tidak bisa memompa dengan efektif darah menuju ke seluruh tubuh.
  2. Aritmia, yakni suatu bentuk perubahan pada irama normal jantung.

Tips Mencegah Penyakit Jantung Koroner :

  1. Periksa tekanan darah secara teratur.
  2. Tidak merokok.
  3. Periksa apakah Anda mengidap diabetes, dan kendalikan kadar glukosa darah bila Anda mengidap diabetes.
  4. Pertahankan berat badan yang normal.
  5. Diet rendah kolesterol dan lemak jenuh.
  6. Olahraga secara teratur.
  7. Kurangi dampak stres dengan cara relaksasi.
  8. Lakukan pemeriksaan secara teratur.
  9. Menghindari stres, stres kronis dapat menyebabkan meningkatnya hormon adrenalin yang dalam jumlah banyak bisa menjadi radikal bebas bagi tubuh.

Kini telah hadir di Indonesia pertama kalinya produk Obat Jantung Koroner AMAZON PLUS menggabungkan khasiat dari Zaitun Hidroxytyrosol , Manggis, Acai Berry, Blueberry dan Delima Merah. Dimana masing-masing buah tersebut mempunyai khasiat yang saling melengkapi untuk menjaga jantung Anda dan khususnya mengobati penyakit jantung koroner.

Amazon Plus

amazon plus koroner 2Amazon Plus adalah Jus Ajaib karena khasiat kandungan ZAITUN (Olive) yang terkandung di dalamnya. Keajaiban zaitun hydroxytyrosolsuperstar antioksidan yang dikombinasikan dengan Acai Berry antioksidan tinggi yang disempurnakan dengan keseluruhan buah Manggis ratu segala buah yang terdiri dari kulit, daging buah dan bijinya. Dimana keseluruhan buah manggis juga memiliki kandungan xanthone antioksidan super.

Konsumsi secara teratur Amazon Plus dapat membantu mencegah berbagai penyakit yang dialami oleh setiap orang, khususnya penyakit yang terkait dengan kardiovaskuler. Berikut adalah kandungan AMAZON PLUS :

  1. Hydroxytyrosol : Senyawa ajaib yang terdapat di buah Zaitun, senyawa ini akan memberikan perlindungan terhadap proses oksidasi kolesterol LDL, Para peneliti mengatakan bahwa kandungan dalam senyawa tersebut dapat mengurangi pengaruh negatif lemak dalam makanan terhadap terjadinya pembekuan darah, dan mengurangi terjadinya penebalan pembuluh nadi jantung.
  2. Manggis : Manggis tidak hanya memiliki zat super ‘xanthone’, dalam buahnya terkandung juga polikasanida, cathechins, dan polifenol yang merupakan salah satu bahan antikulat dan anti bakteri. Perlu diketahui Xanthone adalah salah satu komponen aktif yang utama dari buah manggis. Kandungan antioksidan dalam buah manggis dapat membantu membuang radikal bebas yang terdapat pada tubuh dan menghilangkan racun tertentu akibat dari polusi.
  3. Acai Berry : Mengandung lemak sehat, yakni asam lemak Omega-3, Omega-6, dan Omega-9. Asam lemak tak jenuh ini terbukti melalui penelitian yang memiliki banyak manfaat kesehatan.
  4. Blueberry : Kandungan pada buah ini yakni senyawa fenolik yang biasanya disebut anthosianin. Anthosianin ini dapat memberikan tindakan protektif terhadap system kardiovaskular. Selain itu juga terdapat senyawa flavonoid yakni untuk menjaga kesehatan jantung.
  5. Delima merah : buah super ini mengandung senyawa punicalagins yang memberikan efek kardioprotektif (pelindungan jantung). Serta dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa delima dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung dan infeksi yang berkaitan dengan jantung.

 

Sumber : www.bee-moringa.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *