Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Dengan Tepat

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Dengan Tepat

Cara membersihkan botol susu bayi – mencuci botol susu sepertinya merupakan aktivitas rumah yang tidak akan pernah berakhir, sehingga tak jarang kita melakukannya asal-asalan. Meskipun begitu, membersihkan botol susu si kecil dengan benar merupakan hal yang snagat penting sebab sistem kekebalan tubuh bayi sejatinya masih belum berkembag sepenuhnya. Hal tersebut membuat si kecil cenderung lebih mudah jatuh sakit akibat bakteri yang menempel dalam botol susunya.

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Dengan Tepat

Sebagai solusi paling ideal untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bayi adalah dengan melakukan cara membersihkan botol susu bayi dengan tepat, seperti di bawah ini :

1. Cuci Botol Segera Sesudah Digunakan

Sesudah Anda memberikan susu pada si kecil, langsung cuci susu botol bayi tersebut di wastafel. Cara tersebut akan mencegah sisa kotoran terakumulasi pada botol susu bayi Anda. Akan tetapi, Anda bisa membersihkan botol susu tersebut lebih bersih lagi saat Anda mempunyai waktu. Cobalah memakai air panas saat mencuci botol susu bayi tersebut, sebab air panas dapat membersihkan botol secara efektif.

2. Persiapkan Bahan Perlengkapan Cuci Botol Susu

Saat membersihkan botol susu bayi, sebaiknya gunakan perlengkapan yang dapat membantunya. Seperti sikat pembersih untk membersihkan bagian sisi dan dasar botol, cairan pembersih botol yang tidak beracun dan lebih lembut, serta pastikan jika botol plastik bayi tersebut free bisfenol A yakni bahan kimia seperti estrogen yang penggunaannya dilarang pihak FDA.

3. Membersihkan Wastafel

Cara membersihkan botol susu bayi, sebelumnya pastikan Anda membersihkan wastafel yang hendak digunakan terlebih dulu untuk mengatasi kontaminasi kuman, bakter maupun bahan kimia. Aplikasikan spons untuk membersihkan bagian samping dan dasar wastafel lalu pakai air panas. Sesudah wastafel tersebut kering dan bersih, isi menggunakan air panas dan sabun pembersih piring.

4. Mulai Mencuci Botol Susu Bayi

Saat membersihkan botol bayi, alangkah baiknya melepas semua bagian botol tersebut lalu cuci sampai bersih. Dengan melepas semua bagian botol susu tersebut sangat penting sebab banyak susu residu yang lama terkumpul dalam cincin dot sehingga bisa mengakibatkan pertumbuhan bakteri. Lalu masukkan bagian-bagian botol tersebut pada air sabun yang panas, lalu cuci dengan terpisah.

5. Mencuci Botol Di Mesin Pencuci Piring

Cara membersihkan botol susu bayi berikutnya adalah apabila botol susu aman dicuci menggunakan mesin pencuci piring, maka Anda bisa mencucinya lewat mesin pencuci tersebut. Tempatkan botolnya secara terbalik pada rak mesin pencuci tersebut di paling atas. Selanjutnya Anda bisa membeli keranjang khusus yang aman agar bisa dimasukkan pada mesin pembersih piring, di toko perlengkapan bayi.

6. Tiriskan Botol Susu Bayi Sampai Benar-Benar Kering

Sesudah mencuci, sebaiknya bilas sudut-sudut botol susu dengan menyeluruh memakai air panas untuk menghilangkan sisa sabun atua busa. Tempatkan bagian-bagian dot di ak pengering. Usahakan botol susu dikeringkan terlebih dulu di area yang memiliki ventilasi udara yang baik agar memastikan jika botol tersebut sudah kering. Botol susu yang lembab dalam waktu lama bisa ditumbuhi oleh jamur.

7. Cuci Tangan Sebelum Menyusui si Kecil Dengan Botol

Sesudah botol tersebt kering, Anda harus mencuci tangan terlebih dulu sampai bersih memakai sabun beserta air hangat, lalu susui bayi Anda dengan menggunakan botol yang sudah dibersihkan terlebih dulu.

Itulah langkah-langkah cara membersihkan botol susu bayi dengan benar untuk si kecil agar terhindar dari bakteri dan kuman berbahaya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *