Kolesterol darah

Kolesterol adalah zat lemak yang dibawa berkeliling tubuh dalam darah. Tubuh menghasilkan kolesterol paling alami, dan ini ditemukan pada beberapa makanan. Lipoprotein membawa kolesterol ke dalam darah. Dua tipe utama yang membawa kolesterol ke dan dari sel disebut low density lipoproteins (LDL-C) dan high density lipoprotein (HDL-C).

Image result for high blood pressure

Semakin rendah densitas lipoprotein semakin banyak lemak yang terkandung di dalamnya. Lipoprotein densitas tinggi (kolesterol HDL) disebut ‘kolesterol baik’ karena membantu menjaga kolesterol agar tidak terbentuk di arteri. Lipoprotein densitas rendah (kolesterol LDL) disebut ‘kolesterol jahat’ karena merupakan sumber utama penumpukan kolesterol dan penyumbatan di arteri. Obat statin bekerja untuk mengurangi LDL-C ini.

Total kolesterol adalah pembacaan kolesterol baik dan jahat. Trigliserida adalah bentuk lain dari lemak dalam darah yang juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Trigliserida tinggi sering dikaitkan dengan rendahnya kolesterol HDL yang meningkatkan risikonya, meski kadar kolesterol total dalam darah tampak normal. Bila ada terlalu banyak kolesterol LDL dalam darah, itu menumpuk di dinding arteri (plak). Seiring waktu, ini membangun menyebabkan ‘pengerasan arteri’. Hal ini dapat menyebabkan nyeri dada dan / atau serangan jantung.

Mengelola faktor risiko penyakit jantung Anda

Kolesterol darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung. Kenali faktor risiko dan cara mengelolanya.

Anda juga bisa menggunakan rencana aksi kolesterol yang dirancang untuk membantu korban serangan jantung.
Pelajari lebih lanjut tentang pemulihan dari serangan jantung.

Rencana aksi kolesterol dan trigliserida

Cara menggunakan action plan ini

Di bawah ini kami telah mencantumkan langkah-langkah kunci yang dapat membantu Anda mengelola kadar kolesterol dan trigliserida Anda. Begini cara menggunakannya.

Pilih apakah Anda sudah ‘melakukan tindakan ini’, ‘siap sekarang’ atau ‘belum siap’.
Pilih tombol di bawah untuk mendapatkan rencana tindakan Anda.
Setelah Anda membuat kemajuan, kembalilah dan lakukan tindakan yang belum siap Anda mulai sekarang.

Kami juga memiliki versi cetak dari rencana tindakan.

Cukup, unduh dan cetak versi PDF yang tersedia di bawah ini, tinjau setiap tindakan dan centang kolom yang relevan. Buat permulaan setelah Anda memilih tindakan yang siap Anda lakukan sekarang.

Tindakan penting

Tindakan yang paling penting dalam rencana ini adalah membawa obat-obatan Anda sesuai resep dokter. Ada risiko jika Anda tidak mengambilnya. Jika Anda ‘tidak siap’ untuk melakukan ini, temui dokter Anda untuk mendiskusikan alasannya. Dokter Anda mungkin bisa meresepkan obat yang berbeda jika Anda khawatir dengan efek samping.

Pengobatan untuk kondisi jantung tidak berakhir di rumah sakit. Pemulihan berlanjut saat Anda pulang.
Ada langkah-langkah positif dan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda memulihkan dan mengurangi kesempatan Anda untuk memiliki lebih banyak masalah di masa depan.

Cara menangani pemulihan Anda:

Tetapkan tujuan pemulihan untuk kesejahteraan emosional dan kesehatan fisik Anda.
Temui dokter Anda secara teratur.
Bawa obat-obatan Anda sesuai petunjuk.
Pertahankan rehabilitasi jantung Anda.
Langkah pertama untuk pemulihan

Menetapkan tujuan dan prioritas untuk kesehatan emosional dan fisik Anda akan membantu Anda pulih.

Pelajari lebih lanjut tentang langkah pertama pemulihan.

Kesehatan emosional

Serangan jantung adalah pengalaman yang mengubah hidup. Adalah normal untuk merasa sedih, khawatir, marah, kesepian atau bersalah sesudahnya. Emosi ini biasanya tidak berlangsung lama, tapi bagus untuk mengingat bagaimana perasaan Anda. Ingat, penting untuk menjaga kesehatan emosional dan fisik Anda. Depresi, kecemasan dan kurangnya dukungan sosial dapat memperlambat pemulihan Anda dan meningkatkan risiko Anda terhadap lebih banyak masalah.

Baca lebih lanjut tentang merawat kesehatan emosional Anda dan gunakan rencana tindakan ini untuk mengelola kesehatan emosional Anda.

Kembali ke kehidupan normal

Anda harus bisa kembali ke aktivitas Anda yang biasa beberapa minggu setelah serangan jantung atau masalah jantung lainnya. Bicaralah dengan dokter Anda tentang memulai aktivitas yang berbeda, seperti kembali bekerja, bepergian dan mengemudi, mengelola uang dan berhubungan seks.

Pelajari lebih lanjut tentang kembali ke kehidupan normal.

Diet dan makanan

Makan dan minum yang sehat akan membantu Anda pulih dan menghindari lebih banyak masalah jantung. Beberapa perubahan sederhana bisa membuat perbedaan besar. Bicaralah dengan dokter atau ahli diet tentang diet yang terbaik untuk Anda.

Temukan metode memasak yang sehat dan ide makan untuk sarapan, makan siang, makan malam dan makanan penutup.
Anda juga bisa menggunakan rencana aksi nutrisi untuk membantu Anda. Ubat Darah Tinggi

Jadilah aktif secara fisik

Menjadi lebih aktif setiap hari akan membantu Anda pulih dan menurunkan risiko lebih banyak masalah. Bicarakan dengan dokter atau profesional kesehatan Anda tentang bagaimana membangun aktivitas dengan aman.

Pelajari lebih lanjut tentang berolahraga setelah serangan jantung dan gunakan rencana tindakan aktivitas fisik untuk menetapkan sasaran. penawar darah tinggi

Jadilah berat badan yang sehat

Menjadi berat badan yang sehat penting untuk menghindari lebih banyak masalah jantung.
Bicaralah dengan dokter Anda apakah Anda perlu menurunkan berat badan.
Jika Anda memang perlu menurunkan berat badan, rencanakan untuk melakukannya dengan cara yang sehat. Mengubah kebiasaan makan Anda, melakukan aktivitas fisik lebih banyak dan kurang duduk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *