Lumba-lumba Perairan Pulau Tidung

Salah satu pemandangan indah dan unik yang bisa disaksikan di Pulau Tidung adalah Lumba-lumba di Pulau Tidung. Ya, jika Anda beruntung, Anda bisa menyaksikan pesona lumba-lumba di perairan Pulau Tidung, apalagi di pantai selatan Pulau Tidung.

Lumba-lumba di perairan Pulau Tidung tidak terlihat seperti lumba-lumba di Ancol yang berlompatan cukup tinggi. Lumba-lumba di pulau ini terlihat berlompatan kecil saja, seolah sengaja ingin membuat penasaran yang melihatnya. Tapi pemandangan ini menjadi tontonan yang cukup menarik dan menghibur pada saat gerombolan mereka lewat di perairan selatan Pulau Tidung ini.

Pesona Lumba-lumba dan Habitatnya

Sebagaimana hewan mamalia lainnya, ikan Lumba-lumba melakukan proses reproduksi dengan cara melahirkan. Karena melahirkan, maka lumba-lumba juga menyusui anak-anaknya sebagaimana lazimnya spesies mamalia lainnya.

Berbeda dengan keumuman jenis hewan laut lainnya yang umumnya tidak bisa hidup di daratan, lumba-lumba justru sangat membutuhkan daratan untuk pernafasannya.

Cara bernafas lumba-lumba melalui udara yang berada di sisi atas kepalanya. Bayi dari lumba-lumba sengaja selalu dibawa induknya ke daratan untuk memperoleh udara agar bisa bernafas.

Karena sifat inilah , tidak salah jika lumba-lumba dikelompokkan dalam kategori  hewan amphibi,  yaitu jenis hewan yang bisa bertahan hidup di dua alam. Namun berbeda dengan tipe hewan amphibi lainnya, lumba-lumba tidak hanya butuh waktu sebentar di wilayah daratan. Bahlan, sebagian besar waktunya dihabiskan di wilayah perairan.

Banyak hal menarik yang bisa disaksikan dari lumba-lumba, salah satunya adalah kebiasaan mereka mengiringi perjalan kapal secara berkelompok. Jika Anda sedang beruntung, Anda bisa menyaksikan hewan ini ketika sedang naik kapal dalam perjalanan  ke Pulau Tidung, baik kapal Ferry maupun Speedboat. Namun kebanyakan awak kapal berupaya untuk menghindari pertemuan dengan gerombolan ikan yang cukup besar seperti halnya lumba-lumba ini, karena bisa membahayakan perjalanan kapal di laut.

Demikianlah pesona lumba-lumba yang selalu unik dalam banyak hal. Sekali lagi jika Anda sedang beruntung,  Anda bisa menyaksikan sepuasnya tarian kecil lumba-lumba cantik ini di perairan Pulau Tidung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *