Nama Alat Musik Tradisional Palembang

7 Nama Alat Musik Tradisional Palembang

Nama Alat Musik Tradisional Palembang – Kebudayaan orang-orang Sumatera Selatan yang terjadi dari kombinasi bermacam budaya dari entitas yang berlainan mulai sejak lama sudah hasilkan bermacam peninggalan histori kebendaan.

Nama Alat Musik Tradisional Palembang
Nama Alat Musik Tradisional Palembang

Terkecuali baju kebiasaan Aesan Gede serta Aesan Paksangko yang sudah dibicarakan pada artikel terlebih dulu, propinsi yang beribukota di Kota Palembang ini mempunyai bermacam alat musik tradisionil ciri khas yang seringkali dimainkan untuk hiburan rakyat di masa yang lalu. Nah, di artikel kesempatan ini kita juga akan mengulas mengenai alat musik tradisionil Sumatera Selatan itu dengan lengkap dari mulai bentuk, langkah memainkannya, dan bunyi yang ditimbulkannya.

Nama Alat Musik Tradisional Palembang

Silahkan dikaji! Alat Musik Tradisionil Sumatera Selatan (Palembang) Pada umumnya, alat musik tradisionil Sumatera Selatan sebenarnya tidak jauh berlainan dengan alat musik tradisionil propinsi beda yang orang-orangnya datang dari rumpun Melayu. Cuma saja, ada banyak alat musik spesial yang nyatanya cuma diketemukan di Sumatera Selatan. Alat musik itu diantaranya burdah, alat musik tenun, kenong basemah, genggong, kolintang, serta gambus. Di bawah ini juga akan dibicarakan semasing dari alat musik itu bersama gambarnya.

1. Alat Musik Burdah atau Gendang Oku

Burdah yaitu alat musik semacam gendang memiliki ukuran besar yang di buat dari kulit hewan serta kayu nangka. Karna alat musik ini pertama kalinya diketemukan dalam budaya orang-orang Ogan Komering Ulu atau OKU, jadi banyak juga orang yang mengatakan alat musik ini dengan nama Gendang Oku. Burdah seringkali dimainkan dalam acara-acara kebiasaan jadi alat musik ritmis.

Langkah memainkannya yakni dengan ditepuk sisi kulit membrannya memakai telapak tangan. Dalam upacara pernikahan, latihan pencak silat, atau waktu ada upacara kebiasaan Palembang kita juga akan dengan gampang temukan alat musik ini.

2. Alat Musik Tenun

Diberi nama tenun karna alat musik ini memanglah dahulunya seringkali dimainkan saat beberapa wanita tengah bekerja menenun kain. Alat musik ini yaitu fasilitas hiburan serta pelipur rasa jemu untuk beberapa wanita yang keseharian bekerja. Langkah memainkannya cukup gampang yakni lewat cara dipukul memakai kayu pada bebrapa sisi spesifik yang hasilkan bebrapa suara berlainan.

3. Alat Musik Gambus

Alat musik gambus memanglah lebih di kenal jadi alat musik tradisionil Riau. Tetapi hal semacam ini bukanlah bermakna kalau alat musik ini tidak dimainkan oleh orang-orang suku Melayu di Palembang Sumatera Selatan. Gambus Palembang terbuat dari kayu dengan enam dawai yang dimainkan lewat cara dipetik. Terkecuali bisa berperan jadi alat musik melodis, gambus dapat juga berperan jadi alat musik serasi.

4. Alat Musik Kenong Basemah

Suku Basemah dibagian Barat Propinsi Sumatera Selatan, terlebih di sekitaran daerah Pagar Alam, juga mempunyai satu alat musik yang unik yang bernama Kenong Basemah. Bentuk Kenong basemah sama dengan kenong biasanya tapi dengan ukuran yang lebih kecil. Alat musik yang terbuat dari tembaga ini dimainkan dengan gamelan serta berperan jadi alat musik melodis. Ia hasilkan nada waktu sisi atasnya dipukul memakai alat pemukul spesial.

5. Alat Musik Terbangan

Sesudah masuknya budaya Islam yang dibawa orang-orang Melayu Aceh, orang-orang Sumatera Selatan juga mengetahui alat musik type baru yang pada umumnya lebih di kenal dengan nama rebana. Alat musik ini, oleh orang-orang Palembang lalu dinamakan Terbangan. Terbangan terbagi dalam 4 buah rebana serta dimainkan dengan serunai waktu acara khitan, syukuran, atau upacara pernikahan kebiasaan Palembang.

6. Alat Musik Genggong

Alat musik tradisionil Sumatera Selatan setelah itu bernama Genggong. Alat musik ini dimainkan lewat cara ditiup. Genggong bisa di buat dari berbagai bahan, seperti bilah bambu, pelepah enau, atau dari logam. Yang mengatur suara pada genggong dalah getaran lidah serta tangan. Tersebut disini gambar genggong.

7. Alat Musik Kolintang

Kolintang yaitu alat musik tradisionil Sumatera Selatan yang berbentuk susunan logam kecil yang dimainkan lewat cara dipukul memakai alat pemukul spesial. Alat musik ini seringkali dimainkan oleh masyarat suku Komering ketika upacara kebiasaan atau pertunjukan seni tradisionil. Kolintang di daerah beda di Indonesia mempunyai nama yang bermacam, di Riau umpamanya alat musik ini dimaksud dengan nama Calempong atau Talempong.

Nah, sekian pemaparan sepintas kami tentang sebagian alat musik tradisionil Sumatera Selatan bersama gambar serta langkah memainkannya. Mudah-mudahan dengan mengetahui alat-alat musik itu kita bisa makin menyukai budaya nenek moyang kita serta selalu bisa melestarikannya. Mudah-mudahan berguna!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *