10 Kebiasaan Belajar yang Sangat Efektif

10 Kebiasaan Belajar yang Sangat Efektif Oleh John M. Grohol, Psy.D.
~ 9 menit baca
Halaman: 1 2All
10 Kebiasaan Belajar yang Sangat Efektif
Kebiasaan belajar yang efektif – belajar lebih cerdas – dapat dipelajari untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk lebih mempertahankan materi bacaan. Kebiasaan ini termasuk mendekati studi dengan sikap yang benar, memilih lingkungan yang tepat, meminimalkan gangguan, menetapkan jadwal yang realistis, dan menggunakan permainan memori, antara lain.

Siswa bergulat dengan banyak masalah dalam hidup mereka, dan karena semua hal yang bersaing untuk perhatian Anda, sulit berkonsentrasi untuk belajar. Namun jika Anda di sekolah, Anda harus melakukan setidaknya sedikit belajar agar bisa maju dari tahun ke tahun. Kunci belajar yang efektif tidak menjejalkan atau belajar lebih lama, tapi belajar lebih cerdas. Anda bisa mulai belajar lebih pintar dengan sepuluh kebiasaan belajar yang terbukti dan efektif ini.

1. Bagaimana Anda mendekati masalah belajar?

Terlalu banyak orang memandang belajar sebagai tugas yang diperlukan, bukan kenikmatan atau kesempatan untuk belajar. Tidak apa-apa, tapi para periset telah menemukan bahwa bagaimana Anda mendekati sesuatu menjadi hal yang hampir sama dengan apa yang Anda lakukan. Berada dalam pola pikir yang benar adalah penting untuk belajar lebih cerdas.

Terkadang Anda tidak bisa “memaksa” diri Anda berada dalam pola pikir yang benar, dan pada saat seperti itulah Anda seharusnya menghindari belajar. Jika Anda terganggu oleh masalah hubungan, permainan yang akan datang, atau menyelesaikan proyek penting, maka belajar hanya akan menjadi latihan frustrasi. Kembalilah ke sana saat Anda tidak fokus (atau terobsesi!) Oleh sesuatu yang lain terjadi dalam hidup Anda.

Cara untuk membantu memperbaiki pola pikir belajar Anda:

Bertujuan untuk berpikir positif saat Anda belajar, dan ingatkan diri Anda akan kemampuan dan kemampuan Anda.
Hindari pemikiran bencana. Alih-alih berpikir, “Saya berantakan, saya tidak akan punya cukup waktu untuk belajar ujian ini,” Lihat seperti ini, “Saya mungkin sedikit terlambat untuk belajar sebanyak yang saya mau, tapi karena saya Saya melakukannya sekarang, saya akan menyelesaikannya. ”
Hindari berpikir mutlak. Alih-alih berpikir “Saya selalu mengacaukan segalanya,” pandangan yang lebih objektif adalah, “Saya tidak melakukannya dengan baik saat itu, apa yang bisa saya perbaiki?”
Hindari membandingkan diri dengan orang lain, karena biasanya Anda hanya merasa tidak enak dengan diri sendiri.
2. Tempat belajar itu penting

Banyak orang membuat kesalahan belajar di tempat yang sangat tidak kondusif untuk berkonsentrasi. Tempat dengan banyak gangguan membuat area belajar menjadi miskin. Jika Anda mencoba dan belajar di kamar asrama Anda, misalnya, Anda mungkin menemukan komputer, TV, atau teman sekamar lebih menarik daripada bahan bacaan yang ingin dicerna.

Perpustakaan, sebuah sudut di ruang pelajar atau ruang belajar, atau sebuah kedai kopi yang tenang adalah tempat yang baik untuk check out. Pastikan untuk memilih daerah yang sepi di tempat ini, bukan di daerah pengumpulan yang keras. Selidiki beberapa tempat di kampus dan di luar kampus, jangan hanya memilih yang pertama yang Anda temukan sebagai “cukup baik” untuk kebutuhan dan kebiasaan Anda. Menemukan tempat belajar yang ideal itu penting, karena itu adalah salah satu yang dapat diandalkan untuk diandalkan dalam beberapa tahun ke depan.

SAPS ibubapa

3. Bawa semua yang anda butuhkan, tidak ada yang tidak anda sukai

Sayangnya, ketika Anda menemukan tempat yang ideal untuk belajar, terkadang orang membawa barang yang tidak mereka butuhkan. Misalnya, walaupun mungkin ideal untuk mengetikkan catatan ke komputer untuk dilihat kembali nanti, komputer adalah gangguan yang sangat kuat bagi banyak orang karena mereka dapat melakukan begitu banyak hal yang berbeda. Bermain game, online, IM’ing, berselancar di Web, dan menjawab email merupakan gangguan yang tidak ada hubungannya dengan belajar. Jadi tanyakan pada diri Anda apakah Anda benar-benar membutuhkan komputer untuk mencatat, atau apakah Anda bisa melakukannya dengan kertas kuno dan pena atau pensil.

Jangan lupakan hal-hal yang perlu dipelajari untuk kelas, ujian atau kertas yang Anda fokuskan untuk sesi belajar. Tidak ada yang lebih memakan waktu dan boros daripada harus berlari bolak-balik secara teratur karena Anda lupa buku penting, kertas, atau beberapa sumber lain yang Anda butuhkan untuk menjadi sukses. Jika Anda belajar paling baik dengan permainan musik favorit Anda, pastikan iPod Anda ada bersamamu. saps malaysia ibu bapa

4. Buat garis besar dan tulis ulang catatan Anda

Kebanyakan orang merasa bahwa mengikuti format garis besar standar membantu mereka merebus informasi sampai ke komponen dasarnya. Orang menemukan bahwa menghubungkan konsep serupa bersama membuat lebih mudah diingat saat ujian datang. Hal penting yang perlu diingat dalam menulis garis besar adalah bahwa garis besar hanya kata-kata sebagai alat pembelajaran bila ada dalam kata-kata dan struktur Anda sendiri. Setiap orang unik dalam bagaimana mereka mengumpulkan informasi serupa (disebut “chunking” oleh psikolog kognitif). Jadi, saat Anda menyambut baik untuk menyalin catatan orang lain atau garis besar, pastikan Anda menerjemahkan catatan tersebut dan garis besar ke dalam kata-kata dan konsep Anda sendiri. Gagal melakukan ini adalah apa yang sering menyebabkan banyak siswa tersandung dalam mengingat barang-barang penting.

Mungkin juga bermanfaat untuk menggunakan indra sebanyak mungkin saat belajar, karena informasi dipertahankan lebih mudah pada orang-orang ketika indera lainnya terlibat. Itulah mengapa menulis catatan bekerja di tempat pertama – ini menempatkan informasi ke dalam kata-kata dan istilah yang Anda pahami. Mouthing kata-kata keras saat Anda menyalin catatan sebelum ujian penting bisa menjadi salah satu metode untuk melibatkan pengertian lain.

5. Gunakan permainan memori (perangkat mnemonik)

Permainan memori, atau perangkat mnemonik, adalah metode untuk mengingat potongan informasi menggunakan perkumpulan kata-kata umum yang sederhana. Paling sering orang merangkai kata-kata untuk membentuk kalimat omong kosong yang mudah diingatnya. Huruf pertama dari setiap kata kemudian dapat digunakan untuk membela sesuatu yang lain – bagian informasi yang ingin Anda ingat. Contoh perangkat mnemonik yang paling umum adalah “Every Good Boy Deserves Fun.” Menempatkan huruf pertama setiap kata bersama – EGBDF – memberi lima catatan musik kepada siswa musik treble clef.

Kunci perangkat memori semacam itu adalah frase atau kalimat baru yang Anda dapatkan harus lebih diingat dan lebih mudah diingat daripada istilah atau informasi yang ingin Anda pelajari. Ini tidak bekerja untuk semua orang, jadi jika tidak bekerja untuk Anda, jangan menggunakannya.

Perangkat mnemonik sangat membantu karena Anda menggunakan lebih banyak otak untuk mengingat gambar visual dan aktif daripada yang Anda ingat hanya daftar item. Menggunakan lebih banyak otak Anda berarti ingatan yang lebih baik.

6. Berlatih sendiri atau dengan teman

Pepatah usia tua, latihan membuat sempurna, adalah benar. Anda dapat berlatih sendiri dengan menguji diri Anda dengan ujian praktik, kuis, atau kartu flash (tergantung pada jenis kursus dan apa saja yang tersedia). Jika ujian praktek tidak tersedia, Anda dapat membuat satu untuk diri sendiri dan teman sekelas Anda (atau menemukan seseorang yang mau).

Cara Membedakan Jaket Kulit Domba Dengan Jaket Kulit Sapi

Seperti yang kita tahu bahan jaket kulit yang paling banyak digunakan secara umum adalah terbuat dari kulit sapi dan domba. Sekilas kedua bahan jaket kulit tersebut terlihat sama, tetapi jika menelusuri lebih jauh, maka masing-masing jenis material kulit nya memiliki karakteristik dan ciri khas tersendiri. Berbicara soal mana ayang lebih baik, maka keduanya sama baiknya sesuai dengan model jaket kulit yang akan digunakan. Misalnya Anda ingin jaket kulit yang digunakan dalam acara resmi atau untuk kepentingan fesyen, tentunya penggunaan jaket kulit berbahan domba sangat disarankan untuk kegiatan tersebut. Tetapi berbeda jika Anda akan melangsungkan touring  maka penggunaan jaket kulit dengan material  sapi lah yang pantas dijadikan pelindung.  Berikut perbedaan jaket kulit domba maupun sapi.

Jaket Kulit Domba Dengan Jaket Kulit Sapi

Pada jaket berbahan kulit domba, maka pada saat Anda ingin mengeceknya adalah dengan cara menarik kedua arah yang berbeda sehingga akan terlihat pori-pori yang mengecil. Kelenturan jaket kulit material domba jika ditarik tidak akan kaku sehingga sangat nyaman digunakan karena tekstur yang fleksibel.

Selain tektur yang lentur, jaket kulit domba pun memiliki tekstur halus karena pori-pori yang kecil sehingga kesan halus akan ada saat jaket kulit ini disentuh. Warna jaket ini pun lebih terang dibandingkan kulit sapi dengan ketebalan yang lebih tipis dari kulit sapi sehingga cocok untuk aktifitas sehari-hari.

Berbeda dengan kulit domba, pori-pori jaket kulit sapi lebih besar dari kulit domba. Tekstur kulit sapi kurang lentur bila dibandingkan dengan kult domba. Jika pada kulit domba akan muncul kesan halus maka tidak dengan kulit sapi, faktanya kulit sapi lebih kasar jika dibandingan dengan tekstur kulit domba. Warna jaket kulit sapi kurang kontras atau terang apabila disandingkan dengan jaket kulit berbahan domba. Selain itu jika dibandingkan dengan jaket kulit berbahan domba maka jaket kulit sapi lebih tebal sehingga kurang cocok untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Namun jaket kulit sapi sangat digemari oleh para pengendara motor karena lebih kuat dan praktis.

Tafsir Mimpi Ular Hijau

Ular hijau juga diartikan sebagai kecemasan atau kegelisahan. Ini tidak hanya terjadi di Indonesia atau Asia, bahkan Negara-negara maju juga masih mempercayai dunia paranormal. Arti mimpi membunuh ular berbisa tapi tidak mati bisa berdampak positif maupun negatif bagi kehidupan kita. Jadi walaupun kalian sudah mengetahui arti kalian, kalian tidak perlu terlalu berlarut-larut dalam kekhawatiran. Karena mereka meyakini bahwa mimpi mereka merupakan sebuah pertanda. Dalam sebuah hadis sahih dikatakan bahwa mimpi mempunyai 3 bentuk. Karena arti mimpi membunuh ular menurut serta primbon jawa, segala hal yang berkaitan dengan ular memang seringkali berkaitan dengan hal buruk.  Beberapa orang mempercayai bahwa isi ramalan ini bisa menjadi jawaban atas pertanda, gelagat atau firasat, bahkan mimpi yang kalian alami. Ulasan arti mimpi digigit ular kobra di kaki dan tangan ini memang menarik untuk disimak, bukan? Arti mimpi dikejar ular hitam dapat dijelaskan dengan penjelasan berikut, ular hitam dalam mimpi bisa diartikan sebagai musuh yang kuat. Lalu apa arti mimpi membunuh ular berbisa tapi tidak mati?

arti mimpi ular 3Itu juga tergantung dari warna ular, entah berwarna hitam, hijau, putih, kuning, ataukah ular tersebut berbisa, dan sebagainya. Yang bahkan membuat kalian sampai berhutang demi menyelesaikannya. Arti mimpi dikejar ular piton adalah bisa berarti bahwa tindakan atau perilaku yang kamu lakukan mungkin akan terbelenggu dan terbatasi oleh seseorang ataupun sesuatu. Walaupun begitu, beberapa orang masih mempercayai hal-hal berbau mistis atau dunia paranormal. Arti Mimpi Dililit Ular dalam primbon digambarkan sebagai godaan serta kesulitan dalam kehidupan kalian. Primbon arti mimpi mematikan ular besar sering dikait-kaitkan dengan orang yang jahat dan menaruh benci kepada anda. Sehingga saat kalian sudah mengetahui arti mimpi kalian tidak berlarut-larut dalam kekhawatiran.

Baca juga : arti mimpi

Sehingga kalau kalian berhasil membunuhnya, kalian bisa menghalau masalah tersebut. Ini bisa berarti bahwa kalian harus lebih waspada saat kejadian buruk menghampiri kalian. Yang paling penting adalah selalu mendekatkan diri dengan Sang Pencipta dan selalu meminta petunjuk dariNya. Tapi yang perlu kalian waspadai adalah mimpi melihat ular besar hitam. Menurut primbon jawa, ular hitam berhubungan dengan keburukan. Hal ini memiliki arti yang berbeda lagi dengan sebelumnya. Karena arti mimpi melihat ular menurut serta primbon jawa, segala hal yang berkaitan dengan ular memang seringkali berkaitan dengan hal buruk.

PTE Listening: Tips Untuk Mendapatkan Score 90

PTE Listening bisa rumit jika Anda tidak memperhatikan petunjuknya dan kurang persiapan.

Jika Anda mencari materi PTE Listening untuk belajar, artikel ini akan menjadi panduan yang baik untuk Anda.

Untuk mengerjakan tugas-tugas PTE dan praktek, Saya sarankan metode Tes Mock Mini dari E2Language untuk pengembangan metode serta praktek Anda.

Cakupan PTE Listening
Summarise spoken text
Listening multiple choice, choose multiple answersPTE Listening Test
Fill in the blanks
Highlight correct summary
Listening multiple choice, choose single answer
Select missing word
Highlight incorrect words
Write from dictation

Summarise spoken text

Dalam Summarise spoken text ini dilatih kemampuan dalam membuat catatan serta menentukan sebuah topik,lalu membuat gagasan, berlatih membuat paragraf dalam kalimat lengkap dengan tanda baca, tata bahasa serta ejaan yang benar, dengan langkah-langkah yang mudah diterima.

Dengarkan kata kunci …

Kata kunci dapat mencakup ide utama, tanggal, nama orang, nama tempat, statistik dan angka. Catat pada notepad Anda.

Setelah Anda mendengarkan teks lisan dan catatan diambil, Anda akan memiliki sepuluh detik untuk mengatur mereka. Kelompokkan ide-ide serupa bersama-sama. Anda perlu 5 sampai 6 kata kunci yang baik dan Anda mungkin memiliki lebih banyak catatan dari yang Anda butuhkan. Jadilah selektif untuk menangkap ide-ide utama dari teks.

Member E2Language diberikan kerangka untuk digunakan. Memilih kata kunci dari catatan Anda dan memasukkan mereka ke dalam kerangka kerja. Menguraikan satu atau dua kalimat.

Perhatikan waktu …

Perhatikan waktu dengan ketat dan usahakan selesai dalam 35 detik. Berlatihlah memperhatikan waktu saat Anda berbicara. Anda akan tahu apakah Anda perlu untuk mempersingkat kalimat atau menguraikan sedikit kata kunci Anda. Semakin sering Anda berlatih, maka Anda akan semakin siap, jadi selalu berlatih untuk tugas Summarize Spoken Text di website E2Language.

Materi diusahakan sudah selesai dalam hitungan 35 detik. Anda harus perhatikan waktu saat mulai berbicara. Dengan sering terus latihan Anda akan tahu kapan harus mempersingkat kalimat agar waktunya bisa tepat dan efisien. Silahkan Anda sering-sering berkunjung dan membuka website E2Language karena disana sudah disediakan materi latihan yang lengkap termasuk berlatih IELTS Academic secara umum, dan juga IELTS Speaking Tips, IELTS Reading Tips serta tips-tips lainnya dan materi untuk tugas Summarize Spoken Text guna menunjang latihan Anda.

Adapun pada tugas Summarize Spoken Text ini cara penilaiannya berdasarkan nilai Listening dan nilai Writing

Supaya hasil test PTE Listening memuaskan, silahkan daftar pada E2Language Live Classes