Teknologi Telekomunikas

Konsep kunci
Telekomunikasi modern didasarkan pada serangkaian konsep kunci yang mengalami perkembangan dan penyempurnaan progresif dalam periode lebih dari satu abad.

BACA JUGA : Pulsa Online Murah

Elemen dasar
Teknologi telekomunikasi terutama dapat dibagi menjadi metode kabel dan nirkabel. Secara keseluruhan, sistem telekomunikasi dasar terdiri dari tiga bagian utama yang selalu hadir dalam beberapa bentuk atau lainnya:

Pemancar yang mengambil informasi dan mengubahnya menjadi sinyal.
Media transmisi, juga disebut saluran fisik yang membawa sinyal. Contohnya adalah “saluran ruang bebas”.
Penerima yang menerima sinyal dari saluran dan mengubahnya menjadi informasi yang dapat digunakan untuk penerimanya.
Misalnya, di stasiun penyiaran radio, penguat daya utama stasiun adalah pemancar; dan antena penyiaran adalah antarmuka antara power amplifier dan “free space channel”. Saluran ruang bebas adalah media transmisi; dan antena penerima adalah antarmuka antara saluran ruang bebas dan penerima. Selanjutnya, penerima radio adalah tujuan sinyal radio, dan ini adalah tempat konversi dari listrik menjadi suara bagi orang-orang untuk didengarkan.

Terkadang, sistem telekomunikasi adalah “dupleks” (two-way systems) dengan satu kotak elektronik yang berfungsi baik sebagai pemancar dan penerima, atau transceiver. Misalnya, telepon seluler adalah transceiver. [36] Elektronik transmisi dan elektronika penerima dalam transceiver sebenarnya cukup independen satu sama lain. Ini dapat dengan mudah dijelaskan oleh fakta bahwa pemancar radio berisi amplifier listrik yang beroperasi dengan daya listrik yang diukur dalam watt atau kilowatt, namun penerima radio menangani kekuatan radio yang diukur dalam microwatt atau nanowatt. Oleh karena itu, transceiver harus dirancang dan dibangun dengan hati-hati untuk mengisolasi sirkuit berdaya tinggi dan sirkuit berdaya rendah satu sama lain, agar tidak menimbulkan gangguan.

Telekomunikasi melalui jaringan tetap disebut komunikasi point-to-point karena berada di antara satu pemancar dan satu penerima. Telekomunikasi melalui siaran radio disebut siaran komunikasi karena berada di antara satu pemancar yang kuat dan banyak penerima radio berdaya rendah namun sensitif.

DOWNLOAD DISINI Aplikasi Pulsa Murah

Telekomunikasi di mana beberapa pemancar dan beberapa receiver dirancang untuk bekerja sama dan berbagi saluran fisik yang sama disebut sistem multipleks. Berbagi saluran fisik menggunakan multiplexing seringkali memberikan pengurangan biaya yang sangat besar. Sistem multipleks ditata dalam jaringan telekomunikasi, dan sinyal multiplexing dialihkan ke node ke terminal penerima tujuan yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *