Tempat-tempat Wisata Bersejarah di Jakarta dan Sekitarnya

Tempat-tempat Wisata Bersejarah di Jakarta dan Sekitarnya – Kota Jakarta adalah ibukota Negara Indonesia yang justru terkenal dengan kemacetan. Hal ini bukan suatu alasan tertentu karena kawasan Jakarta yang padat akan penduduk dan banyaknya lalu lalang kendaraan pribadi. Tentu saja banyaknya penduduk tersebut ditimbulkan karena Jakarta sebagai kota pertumbuhan industry, pusat pemerintahan hingga perdagangan bisnis internasional.

Kendati demikian, Jakarta bukan berarti tak memiliki tempat wisata menarik. Salah satunya adalah wisata bersejarah dengan ragam budaya dan kesenian asli Betawi yang merupakan kesenian asli Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa Jakarta menjadi pusat kronologis saksi bisu sejarah yang sangat panjang di tanah air. Nah, berikut ini tempat-tempat wisata bersejarah di Jakarta dan sekitarnya.

Inilah Tempat-Tempat Wisata Bersejarah di Jakarta dan Sekitarnya

1.Kota Tua Jakarta

Tempat-tempat Wisata Bersejarah di Jakarta

Kota Tua Jakarta yang termasuk kawasan penting pada masa penjajahan dahulu kala. Hal ini karena mencakup sebagian besar wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara, mulai dari Pelabuhan Sunda Kelapa hingga Museum Bank Indonesia. Kota Tua Jakarta juga dimanfaatkan sebagai tempat bersejarah dengan mengubah fungsi bangunan lama menjadi sebuah museum sejarah kota tua. Sebetulnya kawasan Kota Tua Jakarta meliputi Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, Toko Merah. Selain itu, terdapat aneka kuliner khas dari Jakarta.

2. Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional atau Monas memang popular di kalangan wisatawan. Di kawasan inilah para pengunjung bisa berjalan-jalan atau bersepeda dengan menyusuri taman yang ada di Monas. Bahkan banyak diantaranya yang menghabiskan waktu dengan berfoto – foto sambil melihat pemandangan sekitar. Menariknya adalah menyaksikan keindahan pemandangan Ibu Kota Jakarta dari atas Monas dengan cara menaiki lift untuk mencapai puncaknya. Dari puncak inilah menandakan bahwa api kemerdekaan dari lembaran emas melambangkan semangat bangsa Indonesia.

3. Museum Bahari

Museum Bahari merupakan salah satu tempat wisata yang menyimpan koleksi mengenai kelautan dan kenelayanan bangsa Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke. Keberadaan Museum Bahari di seberang Pelabuhan Sunda Kelapa. Adapun koleksi-koleksi yang disimpan di dalam museum ini terdiri atas berbagai jenis perahu tradisional dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias, hingga kapal zaman VOC. Tak hanya itu, di kawasan ini terdapat beragam model dan miniature kapal modern serta perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran.

4. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia termasuk sebuah wisata sejarah yang memilik history dan peninggalan bangsa tanah air. Di Museum ini terdapat hal-hal yang berisikan dengan sejarah, mulai dari jaman prasejarah sampai masa Orde Baru. Didalam museum para pengunjung juga akan menemukan 51 diorama dengan ruangan yang berlapiskan marmer. Setelah puas belajar sejarah di museum, pengunjung pun bisa bersenang senang sambil menikmati nuansa berlibur.
Mungkin hanya itu saja Tempat Wisata Paling Bersejarah di Jakarta dan Sekitarnya dan semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Pastikan anda mengajak anak-anak dan keluarga untuk menikmati kawasan sejarah yang ada di Jakarta. Jangan sampai lewatkan berwisata kuliner kerak telor yang enak.

Demikian informasi tempat-tempat wisata bersejarah di Jakarta dan sekitarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *